MUTIARA TERINDAH Sang Pencari Jalan

( Maaf tulisan ini belum selesai, baru dimulai tgl 6 Juli 2014 dan terus diperbaiki. Silakan pembaca yang ingin memberikan komentar atau masukan. trims. )

Hubungan manusia dengan Allah, bukanlah sekedar hubungan makhluk dengan Penciptanya dalam hal melaksanakan perintah dan menjauhi laranganNya tapi lebih jauh lagi adanya usaha untuk memberikan hal yang terbaik dalam kedekatannya dengan Tuhannya. 
Tulisan ini dibuat untuk selalu mengingatkan diriku akan adanya hari kemudian yang tak mampu seorangpun menghindari untuk tidak mempertanggungjawabkan perbuatannya. Karena suatu saat nanti, cepat atau lambat aku akan pergi tuk selama-lamanya, dan kembali padaNya mempertanggungjawabkan segalanya.
Dan sesungguhnya kebahagiaan hakiki yang tak pernah kering selama hidup di dunia adalah perasaan batin yang sesuai dengan keinginanNya.

Al Baqarah : 86


أُولَـئِكَ الَّذِينَ اشْتَرَوُاْ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا بِالآَخِرَةِ فَلاَ يُخَفَّفُ عَنْهُمُ الْعَذَابُ وَلاَ هُمْ يُنصَرُونَ

Itulah orang-orang yang membeli kehidupan dunia dengan (kehidupan) akhirat, maka tidak akan diringankan siksa mereka dan mereka tidak akan ditolong.
Al Baqarah : 175

أُولَـئِكَ الَّذِينَ اشْتَرَوُاْ الضَّلاَلَةَ بِالْهُدَى وَالْعَذَابَ بِالْمَغْفِرَةِ فَمَا أَصْبَرَهُمْ عَلَى النَّارِ
Mereka itulah orang-orang yang membeli kesesatan dengan petunjuk dan siksa dengan ampunan. Maka alangkah beraninya mereka menentang api neraka!

Al A'laa : 17


وَالْآخِرَةُ خَيْرٌ وَأَبْقَى

Sedang kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal.

Al Ankabut : 64


وَمَا هَذِهِ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَهْوٌ وَلَعِبٌ وَإِنَّ الدَّارَ الْآخِرَةَ لَهِيَ الْحَيَوَانُ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ

Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui.
Huud : 15 - 16


مَن كَانَ يُرِيدُ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا وَزِينَتَهَا نُوَفِّ إِلَيْهِمْ أَعْمَالَهُمْ فِيهَا وَهُمْ فِيهَا لاَ يُبْخَسُونَ

Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan.
أُوْلَـئِكَ الَّذِينَ لَيْسَ لَهُمْ فِي الآخِرَةِ إِلاَّ النَّارُ وَحَبِطَ مَا صَنَعُواْ فِيهَا وَبَاطِلٌ مَّا كَانُواْ يَعْمَلُونَ
Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan

Kumohon petunjuk dan rahmat Engkau ya Allah dalam menyelesaikan tulisan ini. Amin.
Shalawat dan Salam teruntuk junjungan kami baginda Rasulullah, Muhammad SAW manusia paling mulia utusan Engkau ya Allah.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagiku dan pembaca. Amin.


Ya Allah kuawali tulisan ini dengan memohon ilmu dari sisi Engkau, limpahilah aku dengan ilmu laduni dan ilmu rabbani serta kebersihan hati. Amin.

"MUTIARA TERINDAH"

Hidup  adalah pilihan
Ya Allah, Tuhanku. Waktu yang  Kau sediakan untukku hidup di dunia ini amat terbatas dan sangat rahasia batasannya, aku harus memilih saat ini juga tanpa menunda jika tidak ingin tertipu  oleh kesenangan dunia. Berikanlah aku pandangan yang dalam tentang berharganya Engkau, ya Allah diatas segalanya. Amin.

1. Menggembirakan Allah
Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mampu menggembirakan Engkau, orang-orang yang menyegerakan kedekatan denganMu, bersegera melaksanakan perintahMu dan menjauhi laranganMu sebelum kematian datang mendahului dan selalu mengingatMu, selalu berzikir dan atau bertafakur karena merasa hidup telah memiliki arti dihadapanMu.  Cinta yang penuh kepadaMu mengikuti cara pandang menurut Engkau sehingga segalanya selalu dipandang baik dan indah. Bukan sebaliknya mengikuti cara pandang Iblis dan Syetan musuh Engkau yang memandang baik perbuatan hina  dan terkutuk.
Ya Allah semoga Engkau gembira menerima aku yang lama Kau tunggu.

2.  Menyesuaikan Keinginan Allah
Bilamana keinginanku berada didalam keinginanMu, sungguh aku bahagia. Jauhkan aku dari keinginanku yang bertolak belakang. Pernah aku menginginkan untuk agar tidak hujan karena dalam perjalanan, tapi aku segera sadar bahwa Engkau menghendaki hujan karena alasan makhlukMu. Sungguh akulah yang seharusnya menyesuaikan.
Sungguh amat bodohnya aku, jika menghendaki, menginginkan sesuatu yang tak pantas untukku, apalagi sampai menggurui Engkau, memaksakan atau mengatur urusan Engkau.
Laksana Engkau memandang netral api, jika Engkau menghendaki panas maka panaslah api dan jika Engkau menghendaki api dingin maka dinginlah api. Logikanya anak itu ada karena adanya seorang ayah dan ibu tetapi jika Engkau menghendaki ada tanpa mereka maka ada seperti Nabi Adam dan Hawa serta Nabi Isa. Engkaulah Zat yang tak terpengaruh hukum sebab dan akibat, karena hukum itupun sesungguhnya makhluk Engkau.

3. Inggih, ya Allah
Adakah taqdirMu untukku sia-sia, tidak ada ya Allah. Inggih kuterima dengan penuh kelembutan, selembut panggilanMu agar kembali kejalanMu. Hari kemarin Kau suguhkan aku dengan kesulitan rezeki. Inggih ya Allah, aku akan reguk dengan memuji asmaMu yang sempurna. Jadikanlah aku selalu senang dalam keadaan apapun, ridha menerima ketentuanMu.

4. Tidak pernah bosan bersamaMu, ya Allah
Jika hati menjadi sejuk, senang dan bahagia karena diri memiliki makna hakiki dihadapanMu, nilai yang mana lagi yang mampu membuatku bahagia dan menjadikanku bosan akan Engkau, duhai Penciptaku. Biarkan orang lain sibuk membangun istana serta kemegahannya, memuaskan dahaga dunianya, tapi untukku jadikanlah aku sibuk bertaubat dan mengingatMu ya Allah.

5. Kumohon anugerahkan aku untuk menjadi waliMu dan sembunyikanlah dari makhlukmu ya Allah
Biarkan rasa ini hanya milikMu ya Allah, tanpa tersentuh rasa riya. Tersimpan didalam wadah yang tak tersentuh, tersembunyi dari pandang makhlukMu, termasuk diriku sendiri karena ia bukan berasal dari sebab aku yang mencintaiMu, tetapi hak penuhMu yang kumohon dapat mencintaiku, menyayangiku yang hina dina ini. Amin.

6. Menyadari kesempurnaan Allah
Tiada satupun milik makhluk : bangga akan kepintaran, kekuatan, kekuasaan. ketika pinjaman itu diambil satu persatu menjadilah makhluk bukan apa-apa, sempurnalah Zat Engkau ya Allah.
AgamaMu bukan untuk kekayaan, karena orang kafirpun bisa memperolehnya, bukan semata untuk kedamaian batin, karena aliran-aliran kepercayaanpun bisa. Tetapi agamaMu untuk melihat yang Haq, yakni memahami ke Maha Sempurnaan Sifat-sifatMu.

7. Singkirkan akalku yang sombong untuk memasuki qalbu yang bersih
Indraku sering kali salah, akalkupun demikian. mereka orang-orang yang merasa pintar berdebat, berbeda pendapat tentang sesuatu, berbeda pendapat tentang Tuhan dengan dalil yang mereka anggap sama-sama kuat dan benar atau sungguh pikiran itupun terkadang  dapat dipengaruhi oleh debat kritis yang membingungkan. Orang-orang yang mampu berenang memang baik untuk laut yang tak bergelombang tetapi saat gelombang besar datang yang bisa berenang dan yang tak bisa berenang sama-sama tak berbeda, kemampuan berenangnya tak lagi bermanfaat, hanya pelampunglah yang bermanfaat. Bahkan ketika terombang-ambing di lautan, intan permata sekarung tidak ada harganya dibanding kayu lapuk, jelek yang mengambang di lautan didekatnya. Hanya pertolongan Engkaulah yang kuyakini sangat bermanfaat, tiada yang lain dari dasar qalbu yang amat dalam ibarat sumur tanpa dasar.

8. Surat cinta dariMu ya Allah
Ya Allah, aku yang hina ini bukanlah orang arab yang dapat memahami dengan baik suratMu itu, tetapi jauhkanlah aku seperti burung beo yng hanya bisa berucap tetapi tidak pernah tahu makna dari ucapannya. Beberapa kali kubaca surat itu, tebal, tak sedikit. Kupahami keinginanMu dan kumohon tambahan pemahaman dariMu, ternyata Engkau sungguh amat mencintai orang-orang yang bersedia datang mendekat menemuiMu. 

9. Hanya pertolonganMu yang kuharap
Jimat, mantra, patung, pohon, kuburan, manusia, malaikat yang dimintai pertolongan sungguh benar-benar suatu kebodohan dan merendahkan martabat serta harga diri sebagai manusia juga membuatMu ya Allah sangat cemburu dan murka.

10. Jauhkan aku pamrih menimbun pahala
Tiada kuberharap walau sedikit kecuali Engkau meridhoi tiap langkahku, hanya RahmatMu yang selalu kuharap. Tiap jejak amal tetap akan meninggalkan bekas, tapi bekasnya akan bernilai jika Engkau sambut dengan keridhoanMu. Jika aku memohon atau mengharap sesuatu dariMu bukan amalku sebagai sandaran, karena telah kuserahkan bulat untukMU semata. Kini aku memohon dengan cara yang lain, sebagai orang yang sungguh- sungguh tak berdaya, yang sangat berharap pertolongan Engkau. Sungguh jika seluruh makhluk, Engkau penuhi keinginannya, tak sedikitpun mengurangi kekayaan Engkau, kerajaan Engkau tetap sempurna.   

11. Rinduku selalu ada dalam dekapan kasih sayangMu
Dalam doaku, aku memohon selalu agar Engkau mau memelukku dalam dekapan kasih dan sayangMu.

12. Segala puji sebanyak yang Kau kehendaki
Terpujilah Engkau ya Allah tanpa batas, sebanyak yang Kau kehendaki.

13. Mohon ampunku sebanyak yang Kau ketahui
Ya Allah ampunilah kesalahanku, kelalaianku, jahilnya diriku, betapa zalimnya aku akan diriku sendiri, ampunilah segala dosaku sebanyak yang Kau ketahui.

14. Tutuplah aku dari masalah
Beribu-ribu keinginan manusia, jika seluruhnya Engkau penuhi tetap tidak pernah memuaskan dahaganya, bahkan cenderung melalaikan kebenaran apalagi hanya mengandalkan kapasitas otak yang relatif tetap dan difungsikan untuk berfikir maka masalah menjadi ada dan muncullah derita serta kesedihan maka menjadi semakin kecillah jiwa. Hindarkanlah aku ya Allah dari masalah.

15. Limpahilah aku ridho yang kekal
Wahai zat yang membolak-balikkan hati, jauhkanlah aku dari ridhoMu yang bersifat fana. Tanamkanlah dengan kuat ridhoMu untukku setiap saat sampai kematianku, ridho yang kekal yang dikekalkan olehMu. Yang merupakan anugerah dari sisi Engkau yang terindah. Amin.

16. Dekatkan aku dengan tarikanMu
Tidaklah dikatakan sampai orang yang mampu mencapai hakikat diatas hakikat. bagaimana mungkin kemampuan usaha, akal dan hatiku yang terbatas dapat mencapai yang tak terbatas, bagaimana mungkin aku dapat mencapai Engkau. Tariklah aku yang lemah dan hina ini untuk dapat mencapai kedekatan padaMU, ya Allah. Bukan kedekatan menyatu atau berada padaMU tapi kedekatan hilangnya diriku dan keinginanku, hingga yang ada hanya wajah dan keinginanMu, keterikatan diriku hanya padaMu. Luluhkanlah hatiku agar mampu tergetar/menangis jika namaMu disebut, tidak tergoncang hatiku hanya terhadap cobaan dunia karena pikiranku hanya dipenuhi dengan memikirkan Engkau.

17. Sungguh-sungguh berdo'a
Ya Allah, berilah aku kemampuan untuk dapat mengamati, meneliti diriku ketika berdo'a. Apakah aku benar bersungguh-sungguh, serius berharap, memohon kepadaMu ? Jangan-jangan aku lagi menyuruh, memerintah Engkau tanpa sadar, sungguh aku teramat hina dihadapanMu jika demikian. Ampunilah kebodohanku ini. 

18. Mementingkan zikir disertai tafakur
Bila hati dan pikiranku melemah, keruh dengan selain Engkau, bantulah aku untuk menafikannya dengan berzikir " Laa ilaaha illallah, ... ". Bila mulai terikat dengan dunia, bantulah aku untuk menafikannya dengan berzikir " Allah, Allah, ... ".

19. Jauhkan dari panjang angan-angan
Dunia dengan seluruh kenikmatannya serasa membawa diri ini terbang kealam kekekalan, lupa akan kematian, lupa akan kebenaran. Jauhkan aku ya Allah, kuatkan aku hanya nikmat memandang wajahMu.

20. Kekuatan Jihad dan hijrah
Ya Allah, tidaklah aku mampu membimbing hawa nafsuku kecuali dengan kekuatan jihad menumbangkan keakuanku atas pertolonganMu, kekuatan hijrah dari daya tarik dunia yang memikat juga atas pertolonganMu. 

21. Kekuatan Talqin
Ingatkanlah, pahamkanlah aku, lewat lisan dan sir untuk cepat, mudah dan utama dalam mendekatkan diri padaMu untuk mampu berzikir " Laa ilaaha illallah, ... " dengan sesungguhnya.

22. Maqam
Kedudukanku disisiMu tak pernah kumengerti, terserah kepada Engkau ya Allah. Jika disebut namaMu, apakah aku takut, tergetar, menangis, pingsan atau tidak merasa lagi, biasa-biasa saja, atau aku mulai sibuk dengan dunia. Ampuni aku selalu ya Allah.

23. Tidak peduli
Jadikanlah aku untuk tidak peduli lagi, apakah aku bangun esok hari dalam keadaan miskin atau kaya, sehat atau sakit, sebab aku tidak tahu mana yang lebih baik bagiku pada pandangan Engkau, jadikanlah aku selalu berprasangka baik akan ketetapanMu.

24. Ikhtiar
Kuatkanlah ikhtiarku untuk juara dan cemburu pada orang yang juara dalam mendekatkan diri padaMu dengan menjalankan syariatMu. Menyebut-nyebut air tidak bermanfaat tanpa diminum, memanggil-manggil semut tidak akan datang tanpa menyajikan gula. Aku adalah tetap hamba, dan Engkau tetap tuhanku

25. Percikkan api cintaMu
Wahai Maha Pecinta, percikkan sedikit api cintaMu yang tak terbatas yang cukup menerangi kedekatanku padaMu yang tak membuatku menoleh lagi ke arah selainMu.

26. Larutkan kesadaranku didalam Engkau
Bukan  esensi, sifat dan af'al yang menyatu dengan Engkau, tetapi terpusatnya kesadaranku yang larut, hanyut didalam Engkau.

27. Tetes air mataku
Air mata ini sungguh tak mampu kubendung lagi, ketika kusadar betapa berharganya diriku, baik lahir maupun batin, yang tak mungkin kutukar dengan harga langit, bumi dan seisinya dengan ketiadaan diriku, tetapi selama ini telah kusia-siakan waktuku dengan banyak sekali lalai akan Engkau, wahai Pemilikku. Ampunilah aku.

28. Beribu cara kematian
Kematian itu datang seperti benang warna merah yang memberi tanda bahwa ia amat misteri, dan sangat mudah putus yang memisahkan raga dan ruh dengan cepat dimana sesal sudah tidak berguna lagi. Ya Allah bantulah hamba untuk dapat menjaga pandangan, kemaluan dan anggota tubuh yang lainnya serta sikap dan hati ini agar tetap mengabdi hanya padaMu. Amin.

29. Kumohon ridhaMu atas dosa dan lalaiku
Ya Allah, kumohon ridhaMu untuk mengampuni dosa-dosaku, kesalahan dan lalaiku selama ini. Hapuskanlah catatan keburukanku yang suka menzalimi diri ini dan orang lain, dan kumohon ridhaMu pula jika aku salah dalam cara memohon ampunan padaMu.

30. Lailatul Qadar
Betapa seringnya aku khilaf dan lalai, kumohon padaMu kekuatan untuk mampu latihan mendekat padaMU terus menerus, melakukan percepatan (akselerasi) kedekatan, melakukan lompatan (quantum) kedekatan dan kedekatan bernilai Lailatul Qadar dari sisiMu. 

31. Jauhkan aku dari merampas hakMu
Siapapun berhak untuk bertobat dan mendekat padaMu, dan hak Engkau untuk mengampuni dan menerima, sebesar apapun dosanya, dan sedikit apapun usahanya untuk mendekat. Bahkan kumohon kekuatan yang ramah untuk mengajak mendekatMu, entah ia pemabuk, penjudi, penzina yang tak membiarkannya malah menjauh dariMU. Jauhkan aku dari merampas hakMu dan egois ingin sendiri dekat denganMu.

32. Pimpin kami dalam berperang melawan iblis dan setan
Iblis dan setan telah menyatakan perang, permusuhan dengan kami ya Allah, mereka dengan sungguh-sungguh tanpa kedip dari segala penjuru mengepung kami, berjuang menjerumuskan/mengalahkan kami dalam peperangan yang tak pernah berhenti kecuali akhir zaman atau azal mengakhiri, tetapi kami telah menganggapnya biasa-biasa saja bahkan kami bersekongkol dengannya untuk menzalimi diri kami sendiri dan saudara kami sendiri, yang merupakan teman seperjuangan kami (cucu Nabi Adam dan Hawa). Sungguh..., sungguh..., sangat jelas kami kalah. Jauhkan kami dari kehinaan ini, tanamkanlah pemahaman dan kekuatan pada kami untuk mampu berjuang sendiri dan bersama-sama secara sungguh-sungguh berperang melawan iblis yang Kau laknat itu. Amin ya Allah. Pimpinlah kami ya Allah dalam peperangan ini.

33. Kecewa diawal
Dunia dan segala kenikmatannya secara lahir yang tak kudustakan tetapi itu sesaat dan tidak kekal, langit dan keindahan hiasannya sungguh tak mampu menghapus dan membayar kekecewaan dan rasa sesal dari kesalahan dalam melangkah selama hidup jika kematian datang mendahului, berilah sentuhan rasa kecewa dan sesal itu disetiap saat, kapan saja jika aku memilih dunia dan melalaikan Engkau ya Allah, ataupun saat aku mengingatMu, agar tidak terjadi setelah kematian.

34. Luluhkan hati ini
Setinggi apa aku menempatkan Engkau dihati yang mampu menghargai, bersyukur, berterimakasih akan keberadaan, kehadiran, diciptakannya diriku. Sedalam apa rasa hormatku, kepatuhan padaMu yang tak mendua, hanya Engkau yang ada dihati yang mampu meluluhkan rasa itu. Itulah yang selalu kumohon padaMu duhai Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

35.  Tidak menunda
Bersegera menemui Engkau ketika sehat, muda, lapang, sungguh tidak sama, benar-benar tidak sama dengan menunda-nunda. Baik ketika sakit berat datang, cobaan berat menimpa, ketika orang lain tidak lagi menghargai. Ya Allah, jauhkan aku dari rasa masih ada waktu nanti, masih ada waktu besok untuk mendekatMu, ya Allah yakinkan aku, kuatkan aku untuk percaya bahwa jauh lebih baik dan berharga dihadapan Engkau jika aku tidak lagi menunda-nunda dekat denganMu.

36. Kebiasaan kekasihMu
Ya Allah, mereka yang kau cintai, sungguh memiliki kebiasaan shalat tahajud, puasa, sedekah, zikir, tafakur, memahami Quran dan Hadistprasangka baik, tunduk patuh pada syariatMu dan tenggelam dalam cahaya hakikatMu. Berilah juga aku kekuatan untuk mendekatiMu lewat kebiasaan para wali Engkau.

37. Pertaruhan yang merugi
Sungguh, benar-benar teramat bodoh aku ya Allah, jika aku mempertaruhkan kehidupan akhirat yang kekal dan lebih baik, yang bernilai triliyun triliyun triliyun dan seterusnya tahun tanpa akhir batas dengan kesenangan hidup dunia yang lebih kurang hanya sekitar 100 tahun, jika seribu rupiah hari ini dengan sejuta besok mudah-mudahan kupilih sejuta besok, jika sejuta besok dengan semilyar lusa mudah-mudahan masih kupilih semilyar lusa, berilah aku kekuatan untuk bersabar ya Allah untuk tidak mempertaruhkannya dengan memilih yang saat ini yang bersifat murah dan hanya sesaat. 

38. Kesenangan dalam penantian
Ya Allah jika hati ini melemah karena cenderung mulai melirik dunia dan akan meninggalkan penantian untuk bertemu Engkau maka perlihatkanlah dan masukkanlah kedalam hatiku setitik rasa yang menyejukkan dahaga indahnya bersama Engkau didunia ini, sehingga penantian terasa menyenangkan selamanya.  

39. Zikir dan tawafnya makhluk
Sungguh mulai tampak dan terlihat didalam makhluk ada zikir dan tawaf, sebuah kepatuhan yang tulus atau terpaksa karena Kebesaran dan Kekuasaan Engkau. Jika akupun demikian maka Engkau perintahkan apa yang ada didiriku dan diluar diriku untuk patuh padaku atas perintahMu. Seperti air, udara, hormon didalam tubuhku, lingkungan sekitarku, mereka semua membentuk formasi kebaikan untuk kebaikanku.
Jadikanlah aku selalu mengagungkan Engkau, wahai Yang Maha Agung.

40. Kekuatan pasrah                                                                                                         ,       
Jika usaha keras telah dilakukan, doa khusyuk telah dipanjatkan, jauhkanlah aku dari perasaan akan membuahkan hasil karena hak Engkau untuk menilai dan memberi hasil akan usaha dan doaku. Berilah aku kekuatan pasrah dari sisiMu.

41. MakhlukMu
Tempat, waktu dan hukum sebab akibat adalah makhlukmu ya Allah. Engkau tak terpengaruh olehnya. apalagi berada padanya, Engkau tampak ada dalam memandangnya, semakin dipandang semakin indah, nampak kesempurnaan zatMu, sifatMu, AsmaMu dan Af'alMu. Ya Allah berilah senyum indah dihatiku kala memandang setiap bagian-bagian dari seluruh atribut keMahaan Engkau yang sempurna pada makhlukMu.

42. Tipuan
Bersedap-sedap, bersenang-senang, bermegah-megahan akan dunia, berbangga-bangga akan keakuan adalah langkah tipuan yang mematikan dan menghinakan. Istana megah yang dipuja-puja itu sesungguhnya akan ambruk berkeping-keping karena waktu ataupun Engkau yang akan menyegerakan kehinaan bagi pemiliknya. Jauhkanlah aku ya Allah dari keakuan yang menipu. 

43. Bodoh, lemah dan fakir
Ya Allah, sadarkan terus diriku yang hina ini, sesungguhnya betapa bodoh, lemah dan fakirnya aku dihadapanMu. Mengapa terkadang aku sombong seolah mampu menyelesaikan banyak masalah, ampunilah dosa-dosaku ya Allah, Engkaulah tempatku bergantung dan memohon pertolongan.

44. Lezatnya bersamaMU
Wahai zat yang membolak-balikkan hati dengan cepat, aku sangat takut karena kebodohanku dan kesombonganku, Kau posisikan aku pada keterikatan dunia yang melupakan Engkau. Aku sangat membutuhkan Engkau agar hati ini terikat hanya padaMu dan berbuat apapun hanya karena Engkau. Jika ia terbalik dan berpaling, tariklah ia  segera kembali padaMu. Bantulah aku untuk merasakan lezatnya selalu bersamaMu, menyebut-nyebut namaMu yang Baik, memohon-mohon kebaikan dariMu, tersenyum-senyum akan af'alMu dengan hati yang luluh.

45. Indahnya apa adanya
Ya Allah kuingin diriku, hatiku dan perbuatanku apa adanya tanpa ditutup-tutupi dengan polesan kebohongan, ketidakjujuran, melanggar haq orang lain, kuingin hidup ini apa adanya, karena telah nampak olehku akan ilmuMu betapa indahnya hidup apa adanya. Ia laksana mutiara indah yang terpendam lalu muncul kepermukaan sebagai mutiara terindah dalam pandangan Engkau, duhai zat yang Maha Indah dan menyukai keindahan. 

46. Hinaan dan azab pedih
2 hal yang selalu mengintaiku dan kumohonkan pula perlindungan dariMu selalu ya Allah adalah datangnya hinaan dan azab pedih di dunia ini dan di akhirat nanti dari Engkau jika aku terjerumus dalam sombongnya keakuanku dan melangkah dalam jalan kehinaan. Ampuni aku yang hina ini ya Allah.  

47. Sikapku padaMu
Ya Allah, jadikanlah aku selalu merasa membutuhkan Engkau. Engkau yang selalu kupuja dan kupuji, jadikanlah puja dan pujiku penuh dengan seluruh hatiku, penuh rasa sopan, dan hormat.

48. Hanya padaMu kubergantung
Tersungkur aku padaMu atas kesadaran yang Kau pahamkan padaku bahwa ketika aku terikat pada dunia maka Kau hinakan aku. Ya Allah, kuingin hanya padaMu kumemelas, memohon kemuliaan agar aku selalu ada disisiMu. 

49. Gelitik keakuan
Terkadang ketika sendiri atau bersama orang lain melintas gelitik ingin menjelaskan siapa aku, dan merasa senang jika disebut-sebut siapa aku. Jauhkanlah ya Allah gelitik itu, karena hanya Engkau yang pantas dipuji.

50. Aku yang hina
Ya Allah, perlahan penghinaan dan kehinaan dari orang yang suka  menghina atau memang pantas menjadi hina telah menyadarkan aku akan butuhnya aku akan Engkau. Tubuh ini kian jelek dan rapuh, ingatan semakin melemah, tetapi kumohon padaMu agar kedekatan dan kecintaanku padaMu semakin menguat, karena hanya  Engkau yang kekal memberi harga akan diri ini. Meski setiap orang menjauh dariku atau dekat padaku karena masih ada maunya dari yang kupunya, aku ingin tetap dekat denganMu karena hanya Engkau yang kian dekat jika aku mendekat dan membuka  pintu pertolongan jika aku minta tolong, sungguh hanya padaMu kami menyembah dan mohon pertolongan.

51. Menjemput kematian
Ketika aku sangat kelelahan dan tertidur, sungguh aku sangat tidak  peduli dengan sekitarku dan tidak tertarik akan hiruk pikuk dunia, ketika aku tersadar aku masih ingin tidur lagi karena aku sangat membutuhkan tidur. Ya Allah itulah kematian yang kuinginkan, tidak ada kesedihan sedikitpun meninggalkan dunia ini karena aku membutuhkan Engkau, Engkau sangat berharga bagiku, maka jemputlah aku dengan keridhaanMu dan ampunanMu.

52. Menghargai waktu
Ya Allah, Tuhan pemilik waktu, berilah aku kesadaran yang mendalam untuk menghargai waktu yang Engkau berikan setiap saat, baik ketika shalat agar aku khusyu dalam shalatku, baik ketika bekerja agar aku manfaatkan waktuku hanya untuk beribadah padaMu. Karena jika tidak ada kesadaranku didalamnya waktu itu hilang dengan percuma dan aku termasuk orang yang tak pandai berterimakasih padaMu. Terima kasih atas waktuMu, ya  Allah.


sumber asal (selengkapnya)

Tidak ada komentar: